Rabu, 22 April 2015

Qunut subuh menurut madzhab syafi'i

unut Shubuh Menurut Madzhab
Syafi’i
ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕَ ﻓﻲ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﺳﻨّﺔ ﻟﻠﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻴﻪ :
ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻪ : ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
ﻟﻢ ﻳﺰﻝ ﻳﻘﻨﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﺣﺘﻰ ﻓﺎﺭﻕ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ . ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ﺃﺑﻮ
ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠّﻪ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻷﺭﺑﻌﻴﻦ، ﻭﻗﺎﻝ : ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ.
I’lam (ketahuilah) bahwa Qunut shubuh adalah sunnah
berdasarkan hadits yang shahih dari Anas –radliyallahu
‘anh-, bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam
tidak pernah meninggalkan qunut shubuh sampai beliau
berpisah dari dunia (wafat)”, hadits riwayat Imam al-
Hakim Abu Abdullah didalam kitab al-‘Arbain”, Ia
berkata : Hadits ini shahih.
ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻣﺸﺮﻭﻉ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﻭﻫﻮ ﺳﻨّﺔ ﻣﺘﺄﻛﺪﺓ،
ﻟﻮ ﺗﺮﻛﻪ ﻟﻢ ﺗﺒﻄﻞ ﺻﻼﺗﻪ ﻟﻜﻦ ﻳﺴﺠﺪ ﻟﻠﺴﻬﻮ ﺳﻮﺍﺀ ﺗﺮﻛﻪ ﻋﻤﺪﺍً ﺃﻭ
ﺳﻬﻮﺍً . ﻭﺃﻣﺎ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﻓﻬﻞ ﻳﻘﻨﺖ ﻓﻴﻬﺎ؟
ﻓﻴﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻗﻮﺍﻝ ﻟﻠﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠّﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﺍﻷﺻﺢُّ ﺍﻟﻤﺸﻬﻮﺭُ
ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﻧﺰﻝ ﺑﺎﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻧﺎﺯﻟﺔ ﻗﻨﺘﻮﺍ، ﻭﺇﻻ ﻓﻼ. ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ :
ﻳﻘﻨﺘﻮﻥ ﻣﻄﻠﻘﺎً. ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻻ ﻳﻘﻨﺘﻮ ﻣﻄﻠﻘﺎً، ﻭﺍﻟﻠّﻪ ﺃﻋﻠﻢ .
wa ’lam, Qunut shubuh adlah masyru’ (disyariatkan)
dalam pandangan kami (Syafi’iyah), hukumnya adalah
sunnah muakkad, apabila meninggalkannya tidak
membatalkan shalat tetapi sunnah melakukan sujud
syahwi baik karena disengaja ataupun karena lupa.
Adapun selain shalat shubuh dari shalat-shalat
Maktubah, apakah ada qunut didalamnya ? Dlam hal ini
terdapat 3 qaul dalam madzhab Imam Syafi’I –
rahimahullah ta’alaa- ; Pertama, pendapat yang ashah
yang masyhur adalah apabila kaum Muslimin di timpa
bencana maka qunut nazilah, jika tidak maka tidak ada
qunut pada shalat maktubah selain shalat shubuh.
Kedua, berqunut secara mutlak pada shalat maktubah
walaupun selain shalat shubuh. Ketiga, tidak ada qunut
secara mutlak pada shalat maktubah selain shubuh.
Wallahu A’lam.
ﻭﻳﺴﺘﺤﺐُّ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﺍﻷﺧﻴﺮ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ
ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﺍﻷﺧﻴﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺗﺮ، ﻭﻟﻨﺎ ﻭﺟﻪ ﺃﻥ ﻳﻘﻨﺖ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﻲ
ﺟﻤﻴﻊ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﻭﻭﺟﻪ ﺛﺎﻟﺚ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﻫﻮ ﻣﺬﻫﺐُ
ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ، ﻭﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻣﻦ ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﻫﻮ ﺍﻷﻭّﻝ، ﻭﺍﻟﻠّﻪ ﺃﻋﻠﻢ
Disunnahkan berqunut dalam pandangan kami
(Syafi’iyyah) pada separuh akhir bulan Ramadhan pada
raka’at terakhir dari shalat witir, ada juga pendapat
yang berqunut pada seluruh bulan Ramadhan, dan juga
pendapat, berqunut pada seluruh shalat sunnah dan ini
adalah pendapat Imam Abu Hanifah. Dan yang bagus
(ma’ruf) dari madzhab kami (Syafi’iyyah) adalah yang
pertama. Wallahu A’lam.
ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﻣﺤﻞ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺮﻓﻊ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ
ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ. ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠّﻪ : ﻳﻘﻨﺖ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ.
ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ : ﻓﻠﻮ ﻗﻨﺖ ﺷﺎﻓﻌﻲ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻟﻢ ﻳُﺤﺴﺐْ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ
ﺍﻷﺻﺢّ، ﻭﻟﻨﺎ ﻭﺟﻪ ﺃﻥ ﻳﺤﺴﺐ، ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻷﺻﺢّ ﻳﻌﻴﺪﻩ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ
ﻭﻳﺴﺠﺪ ﻟﻠﺴﻬﻮ، ﻭﻗﻴﻞ ﻻ ﻳﺴﺠﺪ ،
Ketahuilah, bahwat posisi melakukan qunut shubuh
menurut kami adalah setelah berdiri dari ruku’ pada
raka’at kedua. Imam Malik –rahimahullah- berkata :
“(posisi) berqunut adalah sebelum ruku”. Anshab kami
(ulama-ulama syafi’iiyah kami) : walaupun Syafi’i
berqunut sebelum ruku’ namun itu tidak di hitung
menurut pendapat yang ashah, dan bagi kami
berpendapat agar hal itu di hitung sebagai qunut, dan
menurut pendapat yang ashah mengulangi qunutnya
setelah ruku’ dan melakukan sujud syahwi. Dan
dikatakan (qil) : tidak perlu sujud syahwi.”
ﻭﺃﻣﺎ ﻟﻔﻈﻪ ﻓﺎﻻﺧﺘﻴﺎﺭ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻴﻪ : ﻣﺎ ﺭﻭﻳﻨﺎﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ
ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﺳﻨﻦ ﺃﺑﻲ ﺩﺍﻭﺩ ﻭﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ
ﻭﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﺑﺎﻹِﺳﻨﺎﺩ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ، ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﻋﻠﻲّ
ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻝ : ﻋﻠّﻤﻨﻲ ﺭﺳﻮﻝُ ﺍﻟﻠّﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
ﻛﻠﻤﺎﺕٍ ﺃﻗﻮﻟُﻬُﻦَّ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺗﺮ : ” ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻫْﺪِﻧﻲ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ، ﻭﻋَﺎﻓِﻨﻲ
ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ، ﻭَﺗَﻮَﻟّﻨﻲ ﻓِﻴﻤَﻦ ﺗَﻮَﻟَّﻴْﺖَ، ﻭﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟِﻲ ﻓِﻴﻤﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ،
ﻭَﻗِﻨﻲ ﺷَﺮَّ ﻣﺎ ﻗَﻀَﻴْﺖَ، ﻓﺈﻧَّﻚَ ﺗَﻘْﻀِﻲ ﻭَﻻ ﻳُﻘْﻀَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻚَ، ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻻ
ﻳَﺬِﻝُّ ﻣَﻦْ ﻭَﺍﻟَﻴْﺖَ، ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﺭَﺑَّﻨﺎ ﻭَﺗَﻌﺎﻟَﻴْﺖَ .” ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ : ﻫﺬﺍ
ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ، ﻗﺎﻝ : ﻭﻻ ﻧﻌﺮﻑ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
ﻓﻲ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﺷﻴﺌﺎً ﺃﺣﺴﻦ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ. ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺫﻛﺮﻫﺎ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ
ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ، ﻭﻫﻮ ﺍﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻃﺎﻟﺐ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠّﻪ
ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﺇﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻫﻮ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺍﻟﺬﻱ ﻛﺎﻥ ﺃﺑﻲ ﻳﺪﻋﻮ ﺑﻪ
ﻓﻲ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻓﻲ ﻗﻨﻮﺗﻪ. ﻭﻳﺴﺘﺤﺐُّ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝَ ﻋﻘﻴﺐ ﻫﺬﺍ
ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ : ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞّ ﻋﻠﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝِ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﺳَﻠِّﻢ، ﻓﻘﺪ ﺟﺎﺀ
ﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺣﺴﻦ ”ﻭَﺻَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ
ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲّ .”
Dan adapun lafadz Qunut, maka yang telah di pilih
(yang baik) adalah mengatakan sebagaimana kami
meriwayatkannya didalam hadits yang shahih dalam
kitab Sunan Imam Abi Daud, Imam at-Turmidzi, Imam
an-Nasaa’i, Imam Ibnu Majah, Imam al-Baihaqiy dan
selainnya dengan isnad yang shahih, dari al-Hasan bin
‘Ali –radliyallahu ‘anhumaa- berkata : Rasulullah
mengajarkan kepadaku kalimat yang dibaca dalam
shalat witir ;
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻫْﺪِﻧﻲ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ، ﻭﻋَﺎﻓِﻨﻲ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ،
ﻭَﺗَﻮَﻟّﻨﻲ ﻓِﻴﻤَﻦ ﺗَﻮَﻟَّﻴْﺖَ، ﻭﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟِﻲ ﻓِﻴﻤﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﻗِﻨﻲ
ﺷَﺮَّ ﻣﺎ ﻗَﻀَﻴْﺖَ، ﻓﺈﻧَّﻚَ ﺗَﻘْﻀِﻲ ﻭَﻻ ﻳُﻘْﻀَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻚَ، ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻻ
ﻳَﺬِﻝُّ ﻣَﻦْ ﻭَﺍﻟَﻴْﺖَ، ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﺭَﺑَّﻨﺎ ﻭَﺗَﻌﺎﻟَﻴْﺖَ
Imam at-Turmidzi berkata : hadits ini hasan. Ia berkata
: kami tidak mengetahui redaksi qunut yang berasal dari
Nabi yang lebih bagus dari ini. Dan dalam riwayat lain,
Imam al-Baihaqiy menuturkannya bahwa Muhammad
bin al-Hanafiyah, yaitu Ibnu ‘Ali bin Abi Thalib –
radliyallahu ‘anh- berkata : “sesungguhnya do’a ini
adalah do’a yang ayahku berdo’a dengannya pada
shalat shubuh didalam qunutnya”. Dan disunnahkan
untuk menyambungnya dengan do’a (shalawat) ini :
( ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞّ ﻋﻠﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝِ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﺳَﻠِّﻢ ). Sungguh
dalam riwayat Imam an-Nasaa’i tentang hadits do’a
qunut yang sanadnya hasan terdapat lafadz ( ﻭَﺻَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ
ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲّ ).
ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ : ﻭﺇﻥ ﻗﻨﺖ ﺑﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﻋﻦ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻄﺎﺏ ﺭﺿﻲ
ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻪ ﻛﺎﻥ ﺣﺴﻨﺎً، ﻭﻫﻮ ﺃﻧﻪ ﻗﻨﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ
ﻓﻘﺎﻝ : ” ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻧَّﺎ ﻧَﺴْﺘَﻌِﻴﻨُﻚَ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﻻَ ﻧَﻜْﻔُﺮُﻙَ، ﻭَﻧُﺆْﻣِﻦُ ﺑِﻚَ
ﻭَﻧَﺨْﻠَﻊُ ﻣَﻦْ ﻳَﻔْﺠُﺮُﻙَ، ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻳَّﺎﻙَ ﻧَﻌْﺒُﺪ، ﻭﻟَﻚَ ﻧُﺼَﻠِّﻲ ﻭَﻧَﺴْﺠُﺪ، ﻭَﺇِﻟَﻴْﻚَ
ﻧَﺴْﻌَﻰ ﻭَﻧﺤْﻔِﺪُ، ﻧَﺮْﺟُﻮ ﺭَﺣْﻤَﺘَﻚَ ﻭَﻧَﺨْﺸَﻰ ﻋَﺬَﺍﺑَﻚَ، ﺇﻥَّ ﻋَﺬَﺍﺑَﻚَ ﺍﻟﺠِﺪَّ
ﺑﺎﻟﻜُﻔَّﺎﺭِ ﻣُﻠْﺤِﻖٌ. ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻋَﺬّﺏِ ﺍﻟﻜَﻔَﺮَﺓَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺼُﺪُّﻭﻥَ ﻋَﻦْ ﺳَﺒِﻴﻠِﻚَ،
ﻭﻳُﻜَﺬِّﺑُﻮﻥَ ﺭُﺳُﻠَﻚَ، ﻭَﻳُﻘﺎﺗِﻠُﻮﻥَ ﺃﻭْﻟِﻴَﺎﺀَﻙَ . ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ
ﻭَﺍﻟﻤُﺆْﻣِﻨﺎﺕِ ﻭﺍﻟﻤُﺴْﻠِﻤِﻲَ ﻭﺍﻟﻤُﺴْﻠِﻤﺎﺕِ، ﻭﺃﺻْﻠِﺢ ﺫَﺍﺕَ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ، ﻭﺃَﻟِّﻒْ
ﺑَﻴْﻦَ ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢْ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻓِﻲ ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢ ﺍﻹِﻳﻤَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟﺤِﻜْﻤَﺔَ، ﻭَﺛَﺒِّﺘْﻬُﻢْ ﻋﻠﻰ
ﻣِﻠَّﺔِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭَﺃَﻭْﺯِﻋْﻬُﻢْ ﺃﻥْ ﻳُﻮﻓُﻮﺍ
ﺑِﻌَﻬْﺪِﻙَ ﺍﻟَّﺬﻱ ﻋﺎﻫَﺪْﺗَﻬُﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ، ﻭَﺍﻧْﺼُﺮْﻫُﻢْ ﻋﻠﻰ ﻋَﺪُّﻭَﻙَ ﻭَﻋَﺪُﻭِّﻫِﻢْ ﺇِﻟﻪَ
ﺍﻟﺤَﻖّ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨﺎ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭﻫﻮ ﻣﻮﻗﻮﻑ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﻮﺻﻮﻝ
Ashhab kami berkata : “Berqunut dengan redaksi dari
Umar bin Khattab –radliyallahyu ‘anh- adalah bagus,
dan beliu berqunut didalam shubuh setelah ruku’,
kemudian berkata (berdo’a) :
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻧَّﺎ ﻧَﺴْﺘَﻌِﻴﻨُﻚَ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﻻَ ﻧَﻜْﻔُﺮُﻙَ، ﻭَﻧُﺆْﻣِﻦُ ﺑِﻚَ
ﻭَﻧَﺨْﻠَﻊُ ﻣَﻦْ ﻳَﻔْﺠُﺮُﻙَ، ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻳَّﺎﻙَ ﻧَﻌْﺒُﺪ، ﻭﻟَﻚَ ﻧُﺼَﻠِّﻲ
ﻭَﻧَﺴْﺠُﺪ، ﻭَﺇِﻟَﻴْﻚَ ﻧَﺴْﻌَﻰ ﻭَﻧﺤْﻔِﺪُ، ﻧَﺮْﺟُﻮ ﺭَﺣْﻤَﺘَﻚَ ﻭَﻧَﺨْﺸَﻰ
ﻋَﺬَﺍﺑَﻚَ، ﺇﻥَّ ﻋَﺬَﺍﺑَﻚَ ﺍﻟﺠِﺪَّ ﺑﺎﻟﻜُﻔَّﺎﺭِ ﻣُﻠْﺤِﻖٌ . ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻋَﺬّﺏِ
ﺍﻟﻜَﻔَﺮَﺓَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺼُﺪُّﻭﻥَ ﻋَﻦْ ﺳَﺒِﻴﻠِﻚَ، ﻭﻳُﻜَﺬِّﺑُﻮﻥَ ﺭُﺳُﻠَﻚَ،
ﻭَﻳُﻘﺎﺗِﻠُﻮﻥَ ﺃﻭْﻟِﻴَﺎﺀَﻙَ . ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟﻤُﺆْﻣِﻨﺎﺕِ
ﻭﺍﻟﻤُﺴْﻠِﻤِﻲَ ﻭﺍﻟﻤُﺴْﻠِﻤﺎﺕِ، ﻭﺃﺻْﻠِﺢ ﺫَﺍﺕَ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ، ﻭﺃَﻟِّﻒْ ﺑَﻴْﻦَ
ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢْ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻓِﻲ ﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻢ ﺍﻹِﻳﻤَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟﺤِﻜْﻤَﺔَ، ﻭَﺛَﺒِّﺘْﻬُﻢْ
ﻋﻠﻰ ﻣِﻠَّﺔِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭَﺃَﻭْﺯِﻋْﻬُﻢْ
ﺃﻥْ ﻳُﻮﻓُﻮﺍ ﺑِﻌَﻬْﺪِﻙَ ﺍﻟَّﺬﻱ ﻋﺎﻫَﺪْﺗَﻬُﻢْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ، ﻭَﺍﻧْﺼُﺮْﻫُﻢْ ﻋﻠﻰ
ﻋَﺪُّﻭَﻙَ ﻭَﻋَﺪُﻭِّﻫِﻢْ ﺇِﻟﻪَ ﺍﻟﺤَﻖّ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨﺎ ﻣِﻨْﻬُﻢْ
Do’a tersebut adalah hadits mauquf yang shahih serta
bersambung (maushul.)
. ……ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ : ﻳﺴﺘﺤﺐّ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻦ ﻗﻨﻮﺕ ﻋﻤﺮ ﻭﻣﺎ ﺳﺒﻖ،
ﻓﺈﻥ ﺟﻤﻊ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻓﺎﻷﺻﺢّ ﺗﺄﺧﻴﺮ ﻗﻨﻮﺕ ﻋﻤﺮ، ﻭﺇﻥ ﺍﻗﺘﺼﺮ
ﻓﻠﻴﻘﺘﺼﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻭّﻝ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳُﺴﺘﺤﺐّ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ
ﻣﻨﻔﺮﺩﺍً ﺃﻭ ﺇﻣﺎﻡَ ﻣﺤﺼﻮﺭﻳﻦ ﻳﺮﺿﻮﻥ ﺑﺎﻟﺘﻄﻮﻳﻞ، ﻭﺍﻟﻠّﻪ ﺃﻋﻠﻢ.
Ashhab kami berkata : “disunnahkan mengumpulkan
antara qunut Umar dan qunut yang sebelumnya, maka
apabila mengumpulkan keduanya, yang ashah adalah
mengakhirkan qunut ‘Umar. Apabila mencukupkannya
(membaca salah satunya), maka dengan yang pertama.
Sesungguhnya disunnahkan mengumpulkan keduanya
apabila shalat sendirian atau ketika menjadi Imam yang
diridloi dengan panjangnnya bacaaan. Wallahu ‘Alam.
ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻻ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﻓﻴﻪ ﺩﻋﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ،
ﻓﺄﻱّ ﺩﻋﺎﺀ ﺩﻋﺎ ﺑﻪ ﺣﺼﻞ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻭﻟﻮ ﻗَﻨَﺖَ ﺑﺂﻳﺔٍ ﺃﻭ ﺁﻳﺎﺕٍ ﻣﻦ
ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﻭﻫﻲ ﻣﺸﺘﻤﻠﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺣﺼﻞ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ، ﻭﻟﻜﻦ
ﺍﻷﻓﻀﻞ ﻣﺎ ﺟﺎﺀﺕ ﺑﻪ ﺍﻟﺴﻨّﺔ . ﻭﻗﺪ ﺫﻫﺐ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ
ﺇﻟﻰ ﺃﻧﻪ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﻭﻻ ﻳﺠﺰﻯﺀ ﻏﻴﺮﻩ
Ketahuilah, sesungguhnya qunut tidak ada ketentuan
do’a yang khusus didalamnya atas pendapat yang
terpilih (qaul mukhtar), maka berdo’a dengan do’a
tertentu (apa saja) itu sudah merupakan Qunut,
walaupun juga hanya dengan satu ayat atau beberapa
ayat al-Qur’an yang terdiri dari do’a, hal itu sudah bisa
di sebut Qunut, tetapi yang lebih utama adalah apa
yang berasal dari sunnah. Dan jama’ah dari ashhab
kami memilih pendapat yang menentukannya dan tidak
mencukupi dengan selainnya.
ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﺘﺤﺐّ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺼﻠِّﻲ ﺇﻣﺎﻣﺎً ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ : ﺍﻟﻠَّﻬﻢّ
ﺍﻫﺪِﻧﺎ ﺑﻠﻔﻆ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺍﻟﺒﺎﻗﻲ، ﻭﻟﻮ ﻗﺎﻝ ﺍﻫﺪﻧﻲ ﺣﺼﻞ
ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻭﻛﺎﻥ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎً، ﻷﻧﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﻟﻺِﻣﺎﻡ ﺗﺨﺼﻴﺺ ﻧﻔﺴﻪ
ﺑﺎﻟﺪﻋﺎﺀ. ﻭﺭﻭﻳﻨﺎ ﻓﻲ ﺳﻨﻦ ﺃﺑﻲ ﺩﺍﻭﺩ ﻭﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ، ﻋﻦ ﺛﻮﺑﺎﻥ
ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ”ﻻ
ﻳَﺆُﻣَّﻦَّ ﻋَﺒْﺪٌ ﻗَﻮْﻣﺎً ﻓَﻴَﺨُﺺَّ ﻧَﻔْﺴَﻪُ ﺑِﺪَﻋْﻮَﺓٍ ﺩُﻭﻧَﻬُﻢْ، ﻓﺈﻥْ ﻓَﻌَﻞَ ﻓَﻘَﺪْ
ﺧﺎﻧَﻬُﻢْ” ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ : ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ
Ketahuilah bahwa sesungguhnya disunnahkan ketika
menjadi Imam supaya berdoa ; “Allahummah dinaa
(berikanlah petunjuk kepada kami)” dengan keseluruhan
lafadz dan demikian juga sebelumnya. Walaupun
berdo’a “Allahumma dinii (berikanlah pentunjukan
kepadaku)” tetap dinamakan qunut namun itu makruh,
karena bagi seorang Imam memang dimakruhkan
mengkhususkan do’a bagi dirinya sendiri. Dan kami
meriwayatkan didalam kitab Sunan Imam Abi Daud dan
Imam at-Turmidzi, dari Tsauban –radliyallahu ‘anh-
berkata ; Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa salllam
bersabda : “Seorang hamba dalam sebuah kaum tidak
dipandang beriman, apabila mengkhususkan do’a untuk
dirinya sendiri tanpa menyertakan yang lainnya
(mereka), maka apabila melakukan yang demikian,
sungguhnya telah mengkhianati mereka”. Imam at-
Turmidzi berkata : hadits ini hasan.”
ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻲ ﺭﻓﻊ ﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻓﻲ ﺩﻋﺎﺀ ﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻭﻣﺴﺢ
ﺍﻟﻮﺟﻪ ﺑﻬﻤﺎ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻭﺟﻪ : ﺃﺻﺤّﻬﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﺘﺤﺐّ ﺭﻓﻌﻬﻤﺎ ﻭﻻ
ﻳﻤﺴﺢ ﺍﻟﻮﺟﻪ . ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻳﺮﻓﻊ ﻭﻳﻤﺴﺤﻪ. ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻻ ﻳﻤﺴﺢُ ﻭﻻ
ﻳﺮﻓﻊ. ﻭﺍﺗﻔﻘﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻤﺴﺢ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺪﺭ ﻭﻧﺤﻮﻩ،
ﺑﻞ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺫﻟﻚ ﻣﻜﺮﻭﻩ.
Ashhab kami berselisih perihal mengangkat tangan
ketika do’a qunut dan mengusap wajah dengan kedua
tangan kepada 3 pendapat; pertama, yang ashah
adalah disunnahkan mengangkat kedua tangan namun
tidak mengusap wajah. kedua, disunnahkan
mengangkat kedua tangan dan mengusap wajah, dan
ketiga, tidak disunnahkan mengangkat tangan dan juga
disunnahkan mengusap wajah. Ulama bersepakat atas
tidak mengusapkannya kepada selian wajah, seperti
dada atau selainnya, bahkan Ulama memakruhkannya.
ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺠﻬﺮ ﺑﺎﻟﻘﻨﻮﺕ ﻭﺍﻹِﺳﺮﺍﺭ ﺑﻪ ﻓﻘﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ : ﺇﻥ ﻛﺎﻥ
ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ ﻣﻨﻔﺮﺩﺍً ﺃﺳﺮّ ﺑﻪ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺇﻣﺎﻣﺎً ﺟﻬﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ
ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﺫﻫﺐ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻷﻛﺜﺮﻭﻥ. ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﺮّ
ﻛﺴﺎﺋﺮ ﺍﻟﺪﻋﻮﺍﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ . ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺠﻬﺮ ﺍﻹِﻣﺎﻡ
ﻗﻨﺖ ﺳﺮّﺍً ﻛﺴﺎﺋﺮ ﺍﻟﺪﻋﻮﺍﺕ، ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻮﺍﻓﻖ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺳﺮّﺍً. ﻭﺇﻥ
ﺟﻬﺮ ﺍﻹِﻣﺎﻡ ﺑﺎﻟﻘﻨﻮﺕ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﻳﺴﻤﻌﻪ ﺃﻣَّﻦ ﻋﻠﻰ ﺩﻋﺎﺋﻪ
ﻭﺷﺎﺭﻛﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﻨﺎﺀ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻩ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻻ ﻳﺴﻤﻌﻪ ﻗﻨﺖ ﺳﺮّﺍً،
ﻭﻗﻴﻞ ﻳﺆﻣِّﻦ، ﻭﻗﻴﻞ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺸﺎﺭﻛﻪ ﻣﻊ ﺳﻤﺎﻋﻪ، ﻭﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﺍﻷﻭّﻝ.
Perihal men-jahar-kan (mengeraskan) bacaan qunut
dan men-sirr-kannya (tidak mengeraskan/pelan),
ashhab kami berkata ; apabila mushalli sendirian maka
di-sirr-kan, apabila menjadi imam shalat men-jahar-
kannya menurut pendapat yang shahih yang telah di
pilih yang juga banyak dipegang oleh banyak ulama.
kedua, men-sirr-kan sebagaimana do’a-do’a didalam
shalat. Adapun ketika imam tidak men-jahar-kan
qunut, makmum membaca dengan men-sirr-kannya
sebagaimana do’a didalam shalat, karena
menyesuaikan dengan bacaan sirr imam. Ketika imam
menjaharkan bacaan qunut dan makmum
mendengarnya maka makmun mengucapkan amin atas
do’anya Imam dan bersama-sama memuji Allah pada
akhir qunut, namun apabila tidak mendengarkan
bacaaan imam maka makmum men-sirr-kan
bacaannya, dikatakan juga ; makmuk tetap
mengucapkan amin. Dan juga dikatakan ; makmum
bersama membaca qunut pada apa yang didengarnya.
Pendapat yang dipilih adalah pendapat yang pertama.
ﻭﺃﻣﺎ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﺇﺫﺍ ﻗﻨﺖ ﻓﻴﻬﺎ ﺣﻴﺚ ﻧﻘﻮﻝ ﺑﻪ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﺖ
ﺟﻬﺮﻳّﺔ ﻭﻫﻲ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻭﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻓﻬﻲ ﻛﺎﻟﺼﺒﺢ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺗﻘﺪّﻡ، ﻭﺇﻥ
ﻛﺎﻧﺖ ﻇﻬﺮﺍً ﺃﻭ ﻋﺼﺮﺍً ﻓﻘﻴﻞ ﻳُﺴﺮّ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﺎﻟﻘﻨﻮﺕ، ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻧﻬﺎ
ﻛﺎﻟﺼﺒﺢ. ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﻗﻨﻮﺕ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ
ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻗﺘﻠﻮﺍ ﺍﻟﻘﺮَّﺍﺀ ﺑﺒﺌﺮ ﻣﻌﻮﻧﺔ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﻇﺎﻫﺮُﻩ
ﺍﻟﺠﻬﺮَ ﺑﺎﻟﻘﻨﻮﺕ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ، ﻓﻔﻲ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ
ﺑﺎﺏ ﺗﻔﺴﻴﺮ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﻟَﻴْﺲَ ﻟَﻚَ ﻣِﻦَ ﺍﻷﻣْﺮِ ﺷَﻲْﺀٌ { ﺁﻝ
ﻋﻤﺮﺍﻥ : ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ : ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲَّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺟَﻬَﺮَ
ﺑﺎﻟﻘﻨﻮﺕ ﻓﻲ ﻗﻨﻮﺕ ﺍﻟﻨﺎﺯﻟﺔ
Selain shalat shubuh apabila didalamnya terdapat
qunut, maka apabila men-jahar-kannya adalah pada
shalat maghrib dan isya’ sebagaimana shalat shubuh,
namun apabila pada shalat dluhur atau ‘ashar, maka
dikatakan : “men-sirr-kan qunutnya”, dan dikatakan :
“di-jahar-kan seperti shalat shubuh”. Dan hadits yang
shahih tentang qunut yang dilakukan Rasulullah
shallallahu ‘alayhi wa sallam untuk sahabat ahli Qura’
yang terbunuh di sumur Ma’unah, yang dhahirnya
menunjukkan men-jahar-kan qunut pada seluruh shalat
, dan didalam Shahih al-Bukhari pada bab tafsir
tentang firman Allah {Laysa laka minal amri Syai’un},
dari Abu Hurairah : bahwa Nabi shallallahu ‘alayhi wa
sallam men-jahar-kan bacaan qunut pada saat
melakukan qunut nazilah”.
Dinukil dari Kitab al-Adzkar hal. 57-59, karangan
Imam al-Hafidz al-Hujjah al-Muhaddits al-Faqih
Syaikhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya
bin Syaraf an-Nawawiy ad-Dimasyqiy asy-
Syafi’i, Syaikhul Madzahib wa Kabirul Fuqaha’
fiy zamanihi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar